HeadlineJelajah

Setelah Diundur 3 Hari, Akhirnya Pengumuman Pembukaan Pendaftaran PPPK Pemkab Ponorogo Dibuka

Setelah diundur 3 hari, akhirnya pengumuman pembukaan pendaftaran PPPK Pemkab Ponorogo dibuka kemarin 19 September 2023. Andi Susetyo Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Ponorogo menjelaskan, ada dua alasan alasan mundurnya pengumuman pembukaan.

Pertama adalah proses optimalisasi pengisian kebutuhan Jabatan Fungsional Teknis pada pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2022 sesuai dengan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 571 Tahun 2023 sampai saat ini masih berlangsung.

Kedua, Instansi Pusat dan Daerah sampai saat ini masih melakukan proses verifikasi dan validasi formasi sesuai dengan ketentuan. Yaitu minimal 2% untuk pelamar disabilitas dari keseluruhan jumlah penetapan kebutuhan yang diterima dan pembagian komposisi untuk kebutuhan khusus yaitu THK-2 dan Non-ASN paling banyak 80% dan kebutuhan umum yaitu pelamar baru paling sedikit 20 %.

Andi mengungkapkan surat tertanggal 16 September bahwa pengumuman pembukaan pendaftaran diundur. Semula 16 September 2023, diundur menjadi 19 September 2023. Menurutnya, otomatis seluruh jadwal penerimaan PPPK turut mundur.

Mundurnya jadwal tidak hanya berlaku di Pemkab Ponorogo. Namun juga di seluruh Pemkab, Pemkot, Pemprov maupun pusat.Sebelumnya, Pemkab Ponorogo mendapatkan 912 formasi yang akan diisi. Rincian formasi tersebut meliputi 251 formasi untuk guru, 441 formasi untuk tenaga kesehatan (nakes), dan 214 formasi untuk tenaga teknis. (yd/rl/ab)