Jelajah

Kebakaran di Sekar Gayam, Pemilik Rumah Belum Matikan Tungku Api Dengan Sempurna

Lagi-lagi kebakaran rumah akibat tungku api di dapur yang belum mati sempurna terjadi di Ponorogo, kali ini menimpa Rumah pak Hartono pengusaha emping di jalan sekar gayam Rt 04 RW 01, kelurahan Tonatan Ponorogo tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Seperti disampaikan Setiantono kasi damkar satpol PP pemkab, api segera cepat diatasi sehingga hanya dapur rumah saja yang ludes dilalap sijago merah, sementara bangunan rumah induk aman.

“Senin malam jam 12:10 menit rumah pak Hartono jalan sekar gayam Rt 04 Rw 01 kelurahan tonatan, itu di akibatkan tungku” terangnya kepada gema surya Senin (18/09). 

Dijelaskan Setiantono, pemilik rumah menyalakan tungku api untuk menggoreng emping. Setelah selesai ia mematikan nya kemudian masuk ke rumah untuk istirahat, ternyata tungku api yang sudah padam tersebut menyala kembali, lalu mmenjalar hingga ketumpukan kayu yang ada diatasnya.

“Jadi pak hartono itu setiap hari kegiatanya membuat emping melinjo, sudah selesai membuat emping, dikira sudah padam tapi ternyata setelah ditinggalkan beberapa, setengah jam api menyala lagi” tambahannya. 

Beruntung pemilik rumah terbangun, ketika mengetahui api menyala dari dapur sehingga langsung teriak teriak minta tolong. Pihaknya yang mendapat laporan, menerjunkan 2 unit mobil damkar dibantu satu unit mobil penyuplai air BPBD, kurang dari satu jam api berhasil dilokalisir, kerugian ditaksir mencapai 7 juta rupiah.