Tangki Pendam Mengeluarkan Api, SPBU Bungkal Nyaris Terbakar

Terjadi kebakaran di SPBU Bungkal Ponorogo yang terletak di jalan raya Bungkal Banggel, Jumat 15 September 2023. Beruntung kebakaran tidak menjalar hingga mengakibatkan kebakaran yang lebih besar. Sebelum pemadam kebakaran datang, pihak SPBU memadamkan letupan api dengan APAR Serbuk. Kejadian tersebut sempat membuat geger warga sekitar. 


Tio Waskito mandor SPBU mengatakan awalnya pihaknya akan melakukan pemindahan bahan bakar minyak ( BBM ) dari Truk tangki ke tangki pendam. Saat BBM di pindah ke tangki pendam pertama, proses berjalan aman. Namun kata Tio saat akan di pindah ke tangki pendam kedua, tiba-tiba dari tangki pendam kedua keluar letupan api dari dalam tangki dan terdengar suara dentuman. Sehingga pihaknya langsung memadamkan api dengan serbuk APAR. Beruntung api juga bisa dipadamkan. Lanjut Tyo, pihaknya pun langsung menghubungi damkar Ponorogo, untuk mewaspadai jika kebakaran besar akan terjadi. Pihaknya menduga munculnya letupan api karena cuaca panas, karena tangki pendam tersebut dalam keadaan kosong.

Sementara itu Joko Waskito, Kasatpol PP kejadian kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 10.15 WIB. Saat itu mobil pertamina sedangkan melakukan pengisian BBM ke tangki penyimpanan. di duga munculnya api tersebut berasal dari hawa panas yang menyambar uap dari BBM yang tengah dilakukan pengisian. Lanjut Joko, api yang muncul tersebut langsung berusaha dipadamkan oleh petugas SPBU menggunakan serbuk dari alat pemadam api ringan (APAR). Pihaknya juga menurunkan 2 unit damkar Ponorogo.