HeadlineJelajah

PAD Dari Sektor PBB P2 Sudah Capai 43 Miliar, Diatas Target Awal 41 Milyar

Pemkab dan DPRD bahas kenaikan target Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB – P2) dari sebelumnya Rp 41 Milyar, menjadi 44 Milyar dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P APBD) 2023. Seperti dikatakan Agus Susila Kabid Kabid Pajak Daerah BPPKAD bahwasanya saat ini capaian Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB – P2) yakni Rp 43 Milyar lebih. Sehingga sudah mencapai target awal yang telah disepakati sebelumnya Rp 41 Milyar, namun dalam P APBD 2023 target kembali diperkirakan naikan menjadi 44 miliar lebih. Pihaknya pun optimis target tersebut akan tercapai.

Lanjut Agus, hingga kini dari 307 Desa dan Kelurahan yang ada di Ponorogo, yakni yang sudah lunas ada 200 Desa dan Kelurahan. Sehingga total yang Desa dan Kelurahan yang belum lunas 107 Desa. Menurutnya ada 600 ribu lebih yang menjadi Wajib Pajak ( WP). 

“Pihaknya meminta WP yang belum membayar PBB P2 segera melakukan pembayaran. Pasalnya jatuh tempo pembayaran PBB P2 yakni 31 Agustus 2023. Pembayaran setelah jatuh tempo maka akan di denda 2 persen per bulan dari pokok pajak pokok PBB P2”. tambah Agus