Jelajah

Marak Penipuan Catut Nama Pejabat Penting di Pemkab, Dinas Kominfo Pasang Nomor Layanan Aduan

Masih maraknya penipuan yang mengatas namakan pejabat di Pemkab Ponorogo, disikapi serius Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik.

Sapto Jatmiko Kepala Dinas Kominfo mengingatkan warga untuk memanfaatkan layanan aduan Suara Ponorogo di nomor aduan masyarakat Whatsapp 081228010201 agar warga yang disasar, tidak langsung percaya melainkan konfirmasi dulu ke nomor tersebut.

“Kalau cyber kejahatan tentunya yang mempunyai alat adalah APH (aparat penegak hukum). Bagaimana nanti bisa menelusuri, Kominfo hanya bisa memberikan pengertian kepada masyarakat tolonglah hati-hati,” kata Sapto ketika ditemui Rabu (6/9). 

Rata-rata pelaku kejahatan online itu, pura-pura mentransfer uang mengatasnamakan pejabat-pejabat penting, baik bupati ataupun wakil bupati kepada panitia pembangunan masjid atau musala.

Mereka melalui chat Whatsapp mengirimkan struk atau bukti transfer padahal palsu. Jumlah uang yang ditransfer, pura-pura dilebihkan dan minta dikembalikan sisanya ke nomor rekening yang sudah disiapkan.

Jika korbannya terkecoh, pasti akan mengembalikan kelebihan uang transfer itu padahal sebenarnya tak pernah ada uang masuk ke rekeningnya sama sekali.

Lebih lanjut dikatakan, modus lain pura-pura minta dikirimi pulsa atau pinjam uang dan yang ekstrim peretasan nomor WA pejabat.

Sapto juga mengaku saat adanya mutasi pejabat beberapa waktu lalu, juga pihaknya sempat dapat telepon dan WA dari seseorang yang mengaku suruhan bupati ataupun baperjakat.

“Kita harapkan masyarakat jangan menanggapi penuh informasi informasi mengatasnamakan pejabat, mengatasnamakan tokoh, untuk mengeruk keuntungan,” jelasnya. 

Mereka menawarkan jual beli jabatan, tapi karena dirinya sudah paham hal itu bentuk penipuan, ia pun tidak menggubris. (rl/ab)