Jelajah

Dugaan Indikasi Kecurangan Penyelenggaraan Seleksi Perangkat di Desa Tegalombo Kauman

Penyelenggaraan seleksi perangkat di Desa Tegalombo, Kecamatan Kauman, Ponorogo, yang dilaksanakan Selasa (5/9) lalu, diduga ada kecurangan. Pasalnya nama calon perangkat desa yang terpilih sudah beredar di kalangan masyarakat bahkan sebelum pengumuman hasil seleksi.

Muchamad Usup, salah satu tokoh masyarakat menduga tes seleksi ini hanya sekedar formalitas saja lantaran nama-nama pengisian perangkat sudah ditentukan sebelumnya.

Tiga hari sebelum pelaksanaan tes sejumlah peserta didatangi oleh pejabat Pemkab, yang meminta peserta tersebut tidak ikut dalam tes, karena nama-nama yang terpilih sudah disiapkan.

“Hal ini adalah sangat tidak prosedural, tidak sesuai jalur hukum, maka dari itu kami dari masyarakat Desa Tegalombo, intinya bahwasannya penjaringan perangkat desa ini tidak fair tidak murni tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya. 

Muchamad mengungkapkan, dirinya bersama warga serta peserta tes yang sempat diintimidasi menolak hasil keputusan panitia penyelenggara. Penolakan itu karena tidak adanya transparansi tes seleksi perangkat desa.

Sementara itu, Nur Huda Rifai Camat Kauman mengatakan membantah jika seleksi perangkat desa tersebut sudah dikondisikan. Menurutnya, seluruh proses seleksi sudah sesuai alur dan mekanisme yang ada.

“Seluruh tahapan sudah kita laksanakan dari awal sampai akhir sampai dengan hari ini. Hasil dari pengamatan kami tidak ada hal-hal yang menyimpang,” katanya ditemui Rabu (6/9) siang. 

Namun pihaknya memberikan kesempatan kepada warga maupun peserta yang tidak puas terhadap hasil seleksi perangkat desa untuk melayangkan sanggahan di masa sanggah selama tiga hari kedepan. Yakni mulai Rabu hingga Jumat tapi harus ada bukti yang menyertai.

Hal senada, ketua panitia seleksi perangkat desa, Shahudi mengatakan hanya bertugas sebagai panitia jika pun ada kecurangan tentu harus disertai dengan bukti. Apalagi oknum pejabat PNS tersebut tidak berkompeten dan serta tidak masuk dalam kepanitiaan seleksi.

Diketahui pelaksanaan tes seleksi perangkat Desa Tegalombo yang digelar pada Selasa 5 September 2023 kemarin telah menghasilkan 5 peserta yang dinyatakan menang, guna mengisi 5 formasi lowongan. (yd/rl/ab)