AdvertorialJelajah

Bupati Sugiri Ibaratkan Dunia Digital Ibarat Madu dan Racun

Gelaran Festival Literasi Digital sukses digelar di Alun-alun Ponorogo Ahad (3/9). Talkshow literasi digital itu terbagi menjadi 2 sesi.

Untuk sesi pertama narasumber yakni Bupati Sugiri Sancoko, anggota DPR RI Komisi VI Sartono Hutomo serta satu influencer. Kemudian diselingi hiburan dari Naff Band. Dilanjutkan sesi kedua yakni Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Sherlita Ratna Dewi Agustin dan 2 influencer. Ditutup dengan penampilan D’masiv Band.

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengatakan, bahwa dunia digital itu ibaratnya seperti madu dan racun. Sehingga harus menggunakannya dengan sebijak mungkin.

Menurutnya sangat penting sekali adanya program literasi digital supaya dunia digital bisa dinikmati layaknya rasa madu yang manis dan menyehatkan. Pasalnya dengan literasi digital, bisa dimanfaatkan untuk berbisnis, seperti jualan online. Selain itu juga untuk menambah ilmu pengetahuan.

Kang Giri mengungkapkan, dunia digital juga bisa diibaratkan seperti racun. Ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan dunia digital untuk menyebarkan berita-berita hoax.

“Maka mimpi besar kami melalui literasi digital pada malam hari ini kita bersama-sama sadar digital, mudah-mudahan Ponorogo semakin keren. Gunakan digital sebaik mungkin,” tambahnya. 

Dalam kepemimpinannya sudah melakukan migrasi digital tersebut, salah satunya dengan memberi fasilitas WIFI gratis untuk warganya tiap RT.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyarankan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam berselancar di dunia digital.

“Yang pertama adalah keterampilan, teman-teman semua bisa menggunakan software dan hardware. Yang kedua memiliki budaya digital. Ketiga etika digital, ini bagaimana kita menyampaikan sesuatu tidak ada orang tersakiti,” tambahnya. 

Kemudian ia mengingatkan juga terutama untuk jangan mudah memberikan data pribadi, terutama KTP. Jangan sampai mudah diberikan identitas pribadi tersebut, terutama untuk username dan password sosial medianya. (yd/rl/ab)