Mulai Ditebang Ratusan Pohon Glodok dan Ringin di Sepanjang Jalan Gajah Mada

102 pohon jenis glodok dan ringin yang berada di Jalan Gajah Mada mulai tanggal 18 Agustus 2023 dilakukan penebangan. Pasalnya Pemkab berencana melakukan pelebaran trotoar di jalur tersebut.


“Untuk pemotongan ini sekitar 102 pohon, ini karena kemarin kita tidak punya anggaran, terus ditackle oleh Dinas PU. Artinya dimasukkan RAPnya proyek. Sudah mulai tanggal 17-18 Agustus, ya mungkin nanti dua minggu selesai,” kata Kamsun, Kabid Pertamanan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup, Senin (21/8) kepada wartawan. 

Penebangan pohon itu sudah masuk anggaran pelebaran trotoar yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ponorogo (DPUPKP Ponorogo).

Ditargetkan dalam 2 minggu pemotongan pohon di sepanjang jalan 900 meter akan rampung. Pohon yang saat ini dipotong berusia di atas 15 tahun. Kamsun bilang, batang pohon yang sudah ditebang ini akan disimpan di gudang Dinas Lingkungan Hidup sebelum dilelang oleh pihak aset.

Kamsun mengakui memang ada sedikit kendala dalam pemotongan pohon, pasalnya banyak kabel listrik dan Telkom serta arus lalu lintas yang padat sehingga pihaknya mendatangkan pihak terkait untuk mengatasi hal tersebut.

Nantinya jika ada anggaran akan ditanami lagi pohon namun dengan jenis yang berbeda yakni pule. (yd/rl/ab)