Kebakaran Dapur Rumah di Muneng Balong, Indukan Sapi Ikut Terpanggang Kerugian Puluhan Juta

Kebakaran patut diwaspadai di musim kemarau ini. Belum reda kasus kebakaran hutan dan lahan di berbagai wilayah Ponorogo, kini daftar bertambah panjang dengan adanya kasus kebakaran dapur milik Misman warga Muneng Balong. Akibat dari kebakaran tersebut satu indukan sapi hangus terpanggang. Selain itu si jago merah juga melalap habis dapur dan sebagian rumah. Kuat dugaan api muncul dari tungku kayu yang belum padam sempurna saat ditinggal pemilik rumah tertidur pulas.


Santoso Kades Muneng menceritakan, Jumat dini hari, 18 Agustus 2023 sekitar jam 3 pagi, api pertama kali diketahui dari tunggu dapur yang merembet pada tumpukan kayu didekatnya. Lantaran di dalam dapur tersebut ada 2 gas sehingga timbul ledakan yang menyebabkan api semakin berkobar. Pasca melahap habis dapur rumah, kobaran api lantas merembet ke bagian rumah induk dan kandang sapi yang berada di dekatnya. Di Kandang tersebut ada satu anakan sapi yang berhasil selamat namun sayang induknya mati terpanggang lantaran diikat pada pathok.

Api memang tidak bisa langsung dipadamkan lantaran di jam tersebut masih banyak warga yang terlelap tidur sehingga proses pemadaman dilakukan sebisanya. Api berhasil dijinakan sekitar jam 4 pagi. Kerugian dari kejadian tersebut diperkirakan lebih dari 75 juta rupiah. Dari kejadian ini diharapkan lebih berhati-hati saat memasak dengan tungku, pastikan sudah benar-benar padam sebelum ditinggal aktifitas lain.