Jelajah

Pengurus Perguruan Silat Di Ponorogo Mulai Bongkar Tugunya Secara Sukarela

Setelah tugu milik perguruan Cuyusika Bangau Putih yang di Desa Morosari Kecamatan Sukorejo dibongkar Rabu (09/08), giliran Kamis siang (10/08) giliran tugu pencak milik Ikatan Kera Sakti Putra Indonesia (IKSPI) di Desa Kecamatan Sampung ikut dibongkar. 

Triono Ketua IKSPI Ranting Sampung mengatakan, pihaknya sudah ikhlas dan sukarela yang baru dua tahun berdiri ini dibongkar, pasalnya pihaknya patuh dengan aturan, dan mengikuti himbauan dari pemerintah.

“Ikhlas, jadi kita memang untuk pemerintah, demi pemerintah itu, biar lebih bagus lagi kita memang di ikhlaskan” katanya kepada wartawan di lokasi Kamis 10/08).

Menurutnya pembangunan tugu yang ada di pertigaan jalan jalur Sampung-Magetan dari dana sumbangan warga IKS-PI Ranting Sampung senilai Rp 25 juta ini, dilakukan secara sukarela dan tanpa paksaan.

“Sudah dua tahun ini, itu modalnya dari anggota IKS semua mas, dan ini kurang lebih biaya mencapai 25 juta” imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Ponorogo AKBP Wimboko mengungkapkan, dari 578 tugu pencak yang ada di Ponorogo saat ini, dua tugu telah dibongkar secara sukarela, sedangkan 576 tugu pencak lainnya dalam proses. Pihaknya berharap mereka tergerak untuk ikut berpartisipasi dan membongkar secara sukarela.


“Untuk menindaklanjuti apa yang sudah menjadi apa yang sudah menjadi kebijaksanaan pimpinan kita, ibu Gubernur, bapak kapolda, bapak pangdam, untuk mengurangi bahkan potensi konflik di masyarakat tidak terkotak-kotak tetap bersatu dalam bingkai kebhinekaan ” terangnya.Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memberi apresiasi sikap IKS-PI yang secara ikhlas membongkar tugu perguruan silatnya sendiri, sehingga dapat menjadi contoh baik bagi perguruan silat yang lain, untuk ikut berpartisipasi membongkar tugu perguruan secara sukarela dalam rangka menjaga kerukunan dan NKRI.


“Ya kami bersama forkopimda bersama pak kapolres pak dandim, menghaturkan terima kasih kepada perguruan yang telah rela membongkar tugunya secara sukarela” ujar Bupati.

Dari pantauan Jurnalis gema Surya Pembongkaran tugu pencak silat , dilakukan secara sukarela oleh anggota dan pengurus pencak silat Kera Sakti ranting Sampung. Disaksikan langsung oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Kapolres Ponorogo AKBP Wimboko, dan Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf. Hirta Juni Adriansyah serta perwakilan anggota pencak silat.