Jelang Hari Jadi Kabupaten Ponorogo, Alun-alun Akan Dibanjiri Ratusan Dadak Merak

Alun-alun Ponorogo akan dipenuhi ratusan dadak merak pada 10 Agustus 2023. Ini setelah Pemkab kembali menggelar reog obyok dari berbagai desa, masih dalam rangkaian Grebeg Suro dan menyambut hari jadi Kabupaten Ponorogo ke 527 tersebut.


“Untuk tanggal 10 itu, kita rencanakan dalam rangka perayaan hari jadi Kabupaten Ponorogo, kita turunkan reog massal se-Kabupaten Ponorogo dari semua 307 desa tampil bersama di Alun-alun,” kata Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora).

Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah lantaran ada permintaan grup reog dari luar daerah yang ikut gabung seperti dari Wonogiri, Madiun, dan sekitarnya. Direncanakan grup reog obyok dari perwakilan desa dan kelurahan tersebut akan tiba di Alun-alun sekitar jam satu siang dan akan siap beraksi pada jam 15.00 WIB.

Karakteristik reog obyok adalah hiburan masyarakat yang bersifat bebas dan spontan. Pengerahan ratusan grup reog obyok ini, kata Judha juga sebagai bentuk dukungan reog masuk dalam daftar warisan budaya tak benda atau intangible cultural heritage (ICH) UNESCO, yang akan disidangkan pada tahun 2024 nanti. (rl/ab)