Jelajah

Mau Lahiran tak Ada Uang, Ibu Muda Asal Mojorejo Jetis Nekat Curi di Toko Perlengkapan Bayi Jabung Mlarak

Mau lahiran tidak ada biaya, seorang wanita berinisial SS warga Mojorejo Jetis Ponorogo, nekat mencuri di toko perlengkapan bayi Desa Jabung Mlarak, Selasa (1/8) sore. Untungnya aksi panjang tangan ibu muda 23 tahun itu kepergok karyawan sehingga akhirnya diserahkan Polisi.

“Jadi yang menyerahkan ke kita itu manajer dari toko yang berada di Jabung, Mlarak,” kata Kapolsek Mlarak, Iptu Rosyid Efendi saat diwawancarai RGS FM, Rabu (2/8) pagi.  

Manajer toko sekaligus menyerahkan pelaku pencurian tersebut. Pelaku wanita muda dengan kondisi hamil 9 bulan.

Saat dimintai keterangan, terpaksa mencuri karena terdesak kebutuhan hendak melahirkan tapi tak punya perlengkapan bayi. Padahal sesuai keterangan pemilik toko, pelaku sudah beberapa kali melakukan aksi yang sama di toko tersebut, sehingga karyawan hapal yang akhirnya mengamati gerak-gerik wanita itu.

“Pelaku sudah membawa kresek warna hitam, pelaku sudah pernah melakukan perbuatan serupa di toko itu, jadi hafal tempat-tempatnya,” tambahnya.  

Jika dihitung ada 22 item perlengkapan bayi yang dicuri dengan total kerugian Rp1,6 juta. Pelaku pura-pura memilih barang lalu memasukkan ke tas kresek yang dibawa.

Setelah itu membeli beberapa minuman dan dibawa ke kasir, sementara perlengkapan bayi yang diambil justru disembunyikan. Karena nilai kerugian dibawah Rp2 juta, pelaku dikenai tindak pidana ringan (tipiring). Pihaknya akan mengupayakan adanya restorative justice. (rl/ab)