Jelajah

Petani Mulai Panen Padi, Produksi Turun Namun Harga Gabah Naik

Naiknya harga gabah di awal musim panen tidak serta merta membuat sejumlah petani di Ponorogo merasakan untung besar, hal ini lantaran produksi padi menurun drastis sehingga jika dibandingkan dengan biaya tanam bisa dikatakan hanya impas. 

Hal tersebut diakui Ahmad Pudiono salah satu petani di Babadan kepada gema surya Senin (31/07) dimana mengaku ada penurunan produktivitas tanaman padi hingga 8 kwintal per kotaknya. Menurut Ahmad, dalam kondisi normal hasil panen bisa mencapai satu ton lebih, namun di panen kedua tahun ini tidak bisa tembus satu ton. Padahal jika dibandingkan dengan biaya tanam petani berharap bisa mendapat hasil lebih, mengingat biaya tanam yang besar terutama dari sisi pengairan yang harus menggunakan pompa karena musim kemarau.

Namun begitu lanjut Ipud, sebenarnya dengan kondisi ini dirinya tidak terlalu terdampak, karena selain menjadi petani dirinya juga sebagai pedagang sehingga hasil panen diolah sendiri, semenatara terkait harga ia bilang harga ditingkat petani mencapai Rp6000 Hingga Rp6100 per Kg nya, harga diprediksi masih akan naik, seiring selesainya panen di wilayah Ngawi dan Madiun.