HeadlineJelajah

Pembangunan Rumah Sakit di Kauman Ditargetkan Rampung Akhir September Tahun Ini

Pembangunan rumah sakit umum yang berada di Kecamatan Kauman ditargetkan rampung pada akhir September 2023. Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengatakan, progres pembangunan rumah sakit umum tipe D milik Pemkab Ponorogo saat ini telah mencapai 75 persen.

RSU tipe D tersebut nantinya akan memiliki kapasitas sekitar 50 bed pasien. Jumlah tersebut merupakan standar minimal untuk rumah sakit tipe D.

Kang Giri bilang, selain itu untuk melengkapi sumber daya manusia (SDM), pihaknya akan pinjam tenaga kesehatan di setiap Puskesmas dan rumah sakit di Ponorogo. Sembari akan melakukan rekrutmen untuk kebutuhan rumah sakit yang sebelumnya Puskesmas Kauman tersebut.

“Jadi kan rekrut orang baru itu kan belum tentu kalau sudah terbentuk teamwork, maka kami akan menggunakan teman-teman yang sudah terampil untuk kita piketkan di sana sambil kita rekrut,” kata Kang Giri.

Selain itu, nakes yang dari Puskesmas dan rumah sakit sudah terlatih dalam menangani pasien. Pihaknya menjamin peminjaman SDM tersebut tidak akan mengganggu pelayanan di puskesmas atau rumah sakit, pasalnya dari 100 orang kebutuhan pihaknya maksimal akan meminjam 2 orang dari Puskesmas dan rumah sakit di Ponorogo. (yd/ab)