Si Jago Merah Lahap Kandang di Ronosentanan Siman, Sapi Nyaris Terpanggang Hidup-hidup

Kebakaran hebat melanda kandang sapi milk Muchtar warga rt 1/rw 1 dukuh Krajan desa Ronosentanan Siman, Rabu siang, 21 Juni 2023. Informasi yang berhasil dihimpun gema surya dari Agung Priyanto, Kades setempat, kebakaran ini bermula saat si pemilik rumah tengah membuat perapian / diang di dekat kandang.


Diduga, percikan api sempat mengenai tumpukan jerami, hingga merembet dan melalap seluruh bagian kandang. Tak hanya itu, api juga menyambar bangunan dapur yang letaknya berdekatan. Mengetahui ada kebakaran, warga berdatangan untuk memadamkan kobaran api dan melapor ke Satpol PP yang tak lama kemudian tiba di lokasi.

Berkat kesigapan tim Damkar, dibantu aparat kepolisian dan warga sekitar, kurang dari satu jam api bisa dijinakkan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya saja seekor sapi penghuni kandang terluka dan nyaris terpanggang hidup-hidup. Kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta.

Sementara Tukiyat, bagian informasi Satpol PP Pemkab menyampaikan, begitu ada laporan kebakaran, pihaknya menerjunkan dua mobil pemadam kebakaran untuk merapat ke lokasi. Beruntung berkat kecepatan laporan dari warga, api tidak sampai merembet ke bagian bangunan rumah yang lain. Pihaknya meminta warga untuk lebih berhati-hati terhadap sumber api, karena beberapa waktu belakangan ini, kasus kebakaran menunjukkan trend meningkat.