Jelajah

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Ponorogo Disambut Kesenian Gajah-gajahan

Kirab Pemilu 2024 akhirnya tiba di Ponorogo. Setelah beberapa hari di Trenggalek, rombongan yang membawa bendera merah putih dan 18 bendera partai politik peserta pemilihan umum 2024 sampai di Kota Reyog Rabu (12/7).

Serah terima bendera kirab pemilu 2024 tersebut dilakukan di halaman kantor KPU Kabupaten Ponorogo diikuti seluruh PPK dan PPS.

Munajat Ketua KPU Ponorogo mengatakan, nantinya kirab pemilu di Ponorogo akan berlangsung selama 6 hari. Kirab tersebut akan berkeliling ke 21 kecamatan. Ponorogo merupakan kabupaten ke 12 yang disinggahi oleh kegiatan tersebut.

“dan nanti tanggal 18 Juli, setelah kita kirabkan beberapa hari Ponorogo kita kirabkan ke Kabupaten Pacitan,” tambahya.

Selain melakukan kirab, nantinya kegiatan tersebut akan melakukan sosialisasi ke semua calon pemilih Pemilu 2024. Misalnya pada komunitas pemilih pemula dan difabel.

Munajat bilang, kirab Pemilu 2024 sendiri digelar untuk mengenalkan peserta Pemilu yakni para partai politik. Kirab ini juga sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang jadwal Pemilu. Terutama tentang hari pemungutan suara yakni 14 Februari 2024 nanti. Kirab Pemilu direncanakan Ahad 16 Juli 2023 juga akan mampir di car free day.

Sementara itu Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengatakan, pihaknya berharap pemilu yang jujur dan adil sehingga yang digaungkan harus itu agar memperoleh hasil yang baik.

Sementara itu penyerahan bendera yang dilakukan Ketua KPU Trenggalek kepada Ketua KPU Kabupaten Ponorogo juga berlangsung unik. Penyerahan dilakukan dengan kedua ketua KPU tersebut berada diatas kesenian gajah-gajahan yang menari. (yd/rl/ab)