Jelajah

Omset Penjualan Rumput Odot Naik 4 Kali Lipat Jelang Iduladha

Petani rumput pakan kambing dan sapi mendapatkan berkah tersendiri menjelang Hari Raya Iduladha tahun ini. Pasalnya permintaan pakan hewan kurban meningkat secara signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasanya. 

Badarudin 35 tahun, salah satu petani warga Desa Ringin Putih, Kecamatan Sampung mengatakan, dihari-hari biasa bisa menjual sekitar 10 ikat rumput odot atau gajah. Namun menjelang Iduladha, ia mampu mengirimkan hingga 20 hingga 40 ikat rumput odot sebagai pakan kambing dan sapi.

Menurutnya harga per ikat rumput odot yang dijualnya sekitar Rp20 ribu. Dampak dari peningkatan pesanan ini, omzetnya meningkat drastis sebesar Rp300 ribu hingga Rp400 ribu setiap harinya. Meskipun memiliki 5 lokasi lahan khusus yang ditanami rumput pakan ternak, ia mengaku kesulitan untuk memenuhi pesanan rumput odot, terutama varietas rumput gajah.

Badarudin pun harus mengandalkan pasokan dari petani lain di daerah Ponorogo dan bahkan harus mengimpor rumput odot dari Blitar. Tidak hanya melayani pemesanan rumput pakan dari Ponorogo, permintaan rumput pakan yang tinggi juga datang dari kota-kota seperti Magetan, Ngawi, Madiun, hingga Nganjuk. (yd/ab)