Jelajah

Setahun Berdiri , Keberadaan RPH Jetis Belum Dimanfaatkan Jagal Sapi

setahun beridiri  , rumah potong hewan-RPH di jetis Ponorogo , kurang difungsikan secara optimal .  Keberadaan RPH milik pemkab itu , belum mendapatkan tempat dihati para tukang jagal untuk proses penyembelihan padahal gratis .

Masun kepala dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan -Dipertahankan mengaku tak tahu pasti alasan tukang jagal maupun pengusaha enggan menyembelih di RPH jetis .  Tapi dimungkinkan  kurangnya pemahaman dari mereka  .

Tapi pihaknya optimis, RPH Jetis akan ramai  tahun depan menyusul  semua  produk  diwajibkan mengantongi sertifikasi halal  termasuk daging sapi .  Sertifikasi  halal bisa diperoleh  salah satunya dari proses penyembelihannya .

Pihaknya mulai sekarang mulai melakukan edukasi ke masyarakat tentang penyembelihan sapi . Masun mengungkapkan RPH Jetis ini yang mempunyai syarat kehalalan tersebut .  Dalam per hari RPH ini bisa melakukan pemotongan 26 sapi .

Sekedar informasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang ada di Kecamatan Jetis, yang sebelumnya mangkrak sejak dibangun pada 2013 lalu .  Di tahun 2022 Juni di resmikan oleh bupati Sugiri Sancoko setelah dilengkapi beberapa alat pendukung .