HeadlineJelajah

Cari Makanan, Puluhan Monyet Liar Turun Ke Perkampungan Sekitar Telaga Ngebel

Puluhan monyet liar turun ke perkampungan di sekitar telaga Ngebel. Kawanan monyet tersebut berusaha mencari buah-buahan dan sisa makan pemberian warga di sekitar telaga Ngebel. Bahkan sejumlah kawanan terlihat juga melintas di atap-atap rumah pemukiman warga di Desa Sahang, Kecamatan Ngebel.

Ruslan salah seorang warga yang memiliki usaha kuliner di sekitar telaga ngebel mengungkapkan, monyet-monyet ekor panjang tersebut biasanya hidup di hutan dan turun ke pinggir telaga saat tidak ada makanan yang tersedia. Meskipun turun secara berkelompok, kawanan monyet ekor panjang ini tidak pernah merusak lingkungan sekitar. Ruslan meminta kepada warga baik pengunjung maupun warga sekitar untuk tidak mengganggu dan melakukan tindakan berbahaya terhadap monyet-monyet ini. Dengan datangnya musim kemarau ini Ruslan memperkirakan jumlah monyet di pinggir telaga akan bertambah banyak. Hal ini dikarenakan kekeringan yang menyebabkan sumber makanan dan air berkurang.

Hal yang sama juga dikatakan Dasri, monyet monyet turun ke jalan dan beruntung tidak masuk hingga warung. Dalam sehari monyet monyet tersebut turun setidaknya 4 kali. Dasri memperkirakan makanan di dalam hutan habis sehingga monyet turun ke pemukiman warga.