Pasar Malam Alun-alun Sumbang PAD Hampir Setengah Milyar

Pasar malam Alun-alun yang digelar tahun ini dan direncanakan berakhir Sabtu 6 Mei 2023 menyumbang ke retribusi pedagang pasar malam ke pendapatan asli daerah ( PAD) 2023 setidaknya Rp 345 juta per Kamis kemarin. 


Seperti diakui pelaksana tugas (Plt) kepala dinas perdagangan koperasi dan umkm Soemarno, perpanjangan kegiatan pasar malam juga menambah PAD. Bila per 30 April kemarin sekitar Rp 300 juta kini menjadi Rp 345 juta. Menurutnya, pasar malam di alun alun ini diikuti hampir 300 pedagang. Awalnya pasar malam di Alun-alun hanya digelar 2 minggu yakni 17 hingga 30 April 2023.

Dengan pembayaran retribusi pasar malam di awal. Namun kata Soemarno, ketika diperpanjang mulai 1 Mei 2023 pembayaran retribusi pedagang pasar malam dilakukan harian. Ketika disinggung apakah retribusi pasar malam Rp 340 juta itu sesuai target PAD.

Menurutnya saat pembahasan PAD 2023 retribusi pasar malam di Alun-alun tidak termasuk pembahasan. Pasalnya hampir 3 tahun ini tidak digelar pasar malam di Alun-alun karena covid 19 saat itu melanda. Sehingga tahun ini tidak ada target.

Namun diperkirakan pagelaran pasar malam di Alun-alun tahun depan retribusi pedagang pasar malam akan ditarget perolehan PAD nya.