Pasar Malam Alon-Alon Ponorogo, Penyumbang Sampah Terbesar Saat Lebaran

Volume sampah di Ponorogo  mengalami  peningkatan  saat lebaran. Lonjakan didominasi sampah rumah tangga yang mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Selain itu penyumbang terbesar adalah sampah pasar malam Alon-Alon Ponorogo.


Kabid Pengelolaan Sampah dan Pertamanan Dinas Lingkungann Hidup (DLH), Kamsun menjelaskan, pihaknya mencatat selama libur lebaran  volume sampah mencapai 140 hingga150 ton sehari. Jumlah itu naik 50% dari hari-hari biasa yang hanya mencapai 80 ton sehari. Untuk mengatasi volume sampah yang meningkat, puluhan petugas kebersihan dikerahkan untuk mengangkut sampah ke TPA Mrican. Sampah diangkut dari 23 TPS yang ada di Wilayah Ponorogo pada malam hari dimana petugas harus ekstra bekerja meski masih suasana lebaran.

Peningkatan volume sampah selalu terjadi saat lebaran dan adanya keramaian. Setiap masyarakat yang berkumpul selalu menghasilkan sampah, sayangnya kesadaran warga untuk buang sampah pada tempatnya sangat kurang. Padahal sudah banyak tong sampah yang disediakan ditempat keramaian tapi pilih membuang diluar tong sampah sehingga  berceceran dimana-mana. Pihaknya pun juga harus menambah jam kerja petuigas kebersihan selama idul fitri ini