Terong Tembus 12 Ribu Rupiah Per Kg, Rekor Tertinggi Setahun Terakhir

Harga sayuran yang kenaikannya fantastis dalam beberapa hari terakhir adalah Terong. bagaimana tidak, harganya saat ini tembus Rp12.000 per kg nya, Harga itu kata Munif salah satu pedagang di pasar Sumoroto, merupakan rekor tertinggi selama dirinya berjualan sayuran sebab biasanya paling tinggi tembus 10 ribu rupiah per kg nya.


Praktis konsumen sempat terkejut mengetahui harga terong tapi karena butuh tetap dibeli, tapi ada juga yang memilih alternatif lain beli sayuran yang harganya terjangkau. Lebih lanjut dikatakan, tingginya  harga terong karena dipasaran langka, hanya beberapa pedagang sayur saja yang menyediakan beberapa sentra penghasil terong sudah lama tidak memasok ke pasar seperti Jambon.

Cuaca ekstrem beberapa waktu lalu diduga menjadi penyebab gagal panen, adapun sayuran lain yang harganya masih tinggi meski lebaran sudah lewat adalah timun, kacang panjang  dan buncis. Timun harganya mencapai 9 ribu rupiah per kilogram, kacang panjang 9 ribu rupiah per kilogram  dan buncis 12 ribu rupiah  per kilogram.