Jelajah

Sidak Mamin Expired , Tim Gabungan Temukan 2 Makanan Kedaluarsa Disalah Satu Swalayan

Jelang Lebaran Petugas gabungan yakni dinas kesehatan, Dinas Perdagangan koperasi dan UMKM, Polres Ponorogo, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, melakukan monitoring terhadap makanan – minuman .

Kegiatan tersebut menyasar 3 swalayan,  hasilnya masih ada ditemukan habitatnya 2 makanan yang kadaluwarsa disalah satu swalayan.  Dyah Ayu Puspitaningarti kepala Dinas Kesehatan mengatakan pihaknya meminta pengelola swalayan menarik makanan jenis sambal tersebut  Pasalnya makanan tersebut sudah kadaluwarsa .

Lanjut Ayu sapaannya, Petugas memeriksa satu persatu produk makanan di swalayan tersebut mulai masa kedaluwarsa, label kode produksi, izin edar dan kemasan yang rusak, serta pelabelan yang Bahkan penempatan terhadap makanan yang memiliki sensifitas yang tinggi pun diperhatikan.  Jika ada yang seperti itu pastinya pihaknya memberitahu . Dari pantaunnya pun pembeli pun relatif teliti untuk membeli makanan dan minuman .

Sementara itu Toto Basuki Kepala Bidang Perdagangan Dinas perdagangan koperasi dan umkm mengatakan makanan yang ditemukan kadaluwarsa untuk segera disampaikan ke distrubutor.  Tidak ada sanksi tindakan, namun hanya memberikan pembinaan pada swalayan.  Pihaknya mengaku melakukan monitoring setiap bulan bukan hanya menjelang idul fitri saja.