Dekati Bulan Romadhon, Harga Gabah Mulai Naik Lagi

Sempat turun di angka Rp 5800  per kg, Harga gabah dikabarkan naik lagi , pada 11 Maret 2023 .  Informasi yang disampaikan Ratna Tri Sunarmi , salah satu petani diwilayah Sukorejo , harga gabah kering sawah sudah mencapai Rp 6000 per kg .  Hanya saja petani diwilayahnya belum bisa menikmati harga tersebut  lantaran   belum  panen.


Saat ini yang sudah panen adalah petani diwilayah Jetis dan Siman , sementara untuk Sukorejo, Kauman ,Babadan , panen raya pada pertengahan puasa nanti .  Naiknya harga gabah saat ini  selain panen belum serentak juga karena mulai banyak permintaan pasar menjelang puasa dan lebaran .

Banyak pedagang dan tengkulak yang mencari barang hingga Ngawi karena di Ponorogo tidak mencukupi .  Karenanya harapannya harga masih bisa bertahan  hingga pertengahan puasa nanti saat wilayahnya panen raya .

Diakui ,jika harga gabah sangat fluktuatif ,sehari bisa tiga kali terjadi perubahan . Dengan memanen menggunakan combi, petani tak perlu lagi membawa pulang hasil panenannya . Pedagang biasanya langsung turun kesawah untuk membeli hasil  panen sehingga transaksi dilakukan tidak lagi dirumah melainkan disawah .