Rumah Terdampak Tanah Gerak, Bupati Ponorogo Bantu Kursi Roda Pengungsi Penyadang Disabilitas

Tangis haru bercampur bahagia tak bisa ditutupi oleh Yuliana, 28 tahun salah satu pengungsi bencana tanah gerak, yang terjadi di Dukuh Sumber RT 01 RW 01 Desa Tumpuk Kecamatan Sawoo. Pasalnya putri semata wayangnya Atika Sahira Putri, 8 tahun, mendapat kado istimewa dari Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.


Kado tersebut berupa sebuah kursi roda, karena, bocah 8 tahun ini merupakan penyandang disabilitas. Sekitar semingguan ia bersama sang ibu harus mengungsi di gedung TK Dharma Wanita Desa Tumpuk bersama 139 warga lainnya, akibat rumahnya terdampak tanah gerak.

Yuliana mengaku, sejak lahir prematur 8 tahun lalu, Atika belum bisa berjalan. Bahkan,  anaknya juga sulit diajak berkomunikasi. Dengan kondisi ini, dirinya memilih belum menyekolahkan putrinya tersebut. 

Lanjut Yuliana, sebenarnya dirinya sudah lama ingin membelikan Atika kursi roda. Namun akibat keterbatasan ekonomi, akhirnya belum di bisa diwujudkan. Selama ini, untuk membantu anaknya beraktivitas, ia harus selalu menggendongnya kemana-mana. 

Karena itu, dirinya bersyukur akhirnya Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mewujudkan mimpi itu, dengan memberi bantuan kursi roda kepada anaknya. Dirinya pun juga berharap Pemkab Ponorogo segera memberikan lokasi baru untuk ditempati. Pasalnya rumah miliknya satu-satunya kini sudah tidak bisa lagi ditinggali.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap, bantuan kursi roda ini bisa membantu aktivitas Atika, dan sang ibu tidak perlu lagi menggendongnya. Kang giri pun meminta mereka untuk bersabar menghadapi cobaan ini. Pihaknya saat ini pun tengah berjuang keras untuk mencari lokasi relokasi baru bagi warga.