HeadlineJelajah

39 KK Warga Terdampak Tanah Retak Desa Tumpuk Sawo , Akan Direlokasi Di Lunggur Mojo, Lahan Perhutani

39 KK warga terdampak tanah retak  desa Tumpuk sawo , akan direlokasi di lahan milik perhutani tepatnya  dipetak 143 Lunggur Mojo  . Ini setelah ada kesepakatan antara perwakilan warga, Pemdes Tumpuk , Pemkab dan Perhutani  dalam rapat koordinasi yang digelar Senin 6 Maret 2023 di ruang Bantarangin .

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan   sebenarnya ada  4 lahan yang menjadi alternatif lahan relokasi bagi warga terdampak tanah retak .  Pertama ada di petak 143 Lunggur Mojo, kedua di Dukuh Ngebrak, ketiga di petak 149 Lunggur Jati dan keempat di Dukuh Tapas .  Tapi  masyarakat  memilih Lunggur mojo karena lokasinya masih berada di desa Tumpuk .

Walaupun tidak terlalu jauh dari zona merah existing bencana  namun dinilai aman . Orang nomor satu dipemkab itu meminta warga Desa Tumpuk  tidak  melakukan aktivitas yang berpotensi menimbulkan  pergerakan tanah  seperti pembuatan batu bata .

Dijelaskan Luasan relokasi di Lunggur Mojo  tersebut  sekitar 12 hektar yang  merupakan hutan produksi .  Adapun Status tanah,  akan dikaji bersama karena rencananya  hunian sementara (Huntara)  itu akan digunakan selama 20 tahun .