HeadlineJelajah

Bupati Siap Merelokasi Warga Dukuh Sumber Tumpuk Sawoo, Terdampak Tanah Retak

Bupati Sugiri Sancoko bersama Lisdyarita Senin malam 27 Februari 2023 meninjau langsung pengungsian berlokasi di gedung TK Dharma Wanita Kecamatan Sawoo. Menurutnya pihaknya mewacanakan akan mereka merelokasi 42 KK atau 139 jiwa ke tempat yang lebih aman.

Sugiri meminta pemerintahan desa Tumpuk seminggu mencari solusi lokasi yang aman. Hanya saja untuk tanah kas desa atau bengkok juga tidak mungkin. Pasalnya tanah tersebut berada di plengsengan. Tanah Perhutani bisa jadi alternatif prosesnya dibarengkan dengan proses administrasi gunung Gede Sambit pada tahun ini.

Namun kata Sugiri, prosesnya lumayan panjang. Alternatif lain menurutnya dicarikan tanah dengan cara pengadaan APBD atau CSR bisa juga patungan namun butuh waktu. Lanjut Sugiri, nanti lokasi relokasi tersebut akan dijadikan 1 RT. Lebih cepat ada solusi lebih baik. Pihaknya juga mencarikan tempat pengungsian baru agar tidak over-capacity. Pasalnya gedung TK Dharma wanita sudah penuh pengungsi.

Sementara itu Imam Sulardi kepala desa Tumpuk mengatakan pihaknya akan segera mencari tanah relokasi yang aman. Dengan melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat desa. Mungkin ada tanah warga yang nantinya bisa digunakan. Masih kata Imam, lokasi dukuh Sumber Lingkungan Grenjeng RT 001 RW 001 Desa Tumpuk kecamatan Sawoo saat ini sudah steril.