Jelajah

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Semeru, Polisi Bagi-bagi Helm, Coklat dan Buku Tulis

Bagi-bagi helm dari Satlantas Polres untuk anak-anak yang dibonceng orang tuanya masih berlanjut. Pantauan gema surya, ada seorang Ibu pengendara sepeda motor yang membonceng anaknya di Ponorogo tampak kaget ketika dicegat oleh polisi di Traffic light Pasar Legi, Kamis 9 Februari 2023.

Pasalnya anaknya yang dibonceng tidak menggunakan helm sehingga sempat mengira akan mendapatkan tilang. Namun, bukan surat cinta dari polisi yang didapat melainkan, sebuah helm yang kemudian dipasangkan oleh polisi kepada anaknya yang masih berusia TK.

Tidak hanya satu pengendara saja yang mendapatkan helm, pengendara lain yang tertib dan membawa anak kecil tidak membawa helm, diberikan helm. Selain itu, bagi pengendara yang telah tertib diberikan coklat. Pelajar  dibawah umur yang sudah memakai helm diberikan apresiasi berupa buku tulis.

Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo mengatakan dalam rangka operasi keselamatan lalu lintas Semeru 2023 Polres Ponorogo mengedepankan kegiatan preventif. Angka kecelakaan di bumi reog memang naik, termasuk angka pelanggaran lalu lintas ikut naik. 

Sehingga operasi keselamatan dinilai setidaknya mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran. Lanjut AKBP Catur, pembagian helm ini merupakan tindakan humanis untuk pengendara roda dua.

Sementara itu AKP Affan Priyo Wicaksono Kasatlantas Ponorogo mengatakan dalam operasi keselamatan semeru ini yang paling banyak melanggar yakni tidak menggunakan helm, pengendara di bawah umur, dan melawan arus.

Sedangkan sasaran untuk operasi keselamatan semeru 2023 yakni dalam operasi yang akan digelar 7 – 20 februari 2023 selama dua pekan setidaknya ada delapan pelanggaran yang menjadi prioritas, diantaranya tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk keselamatan (Safety belt), melebihi batas kecepatan, melawan arus, mengemudi di bawah pengaruh minuman keras, pengendara dibawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara dan kendaraan yang Over Dimension/Overloading (ODOL).