HeadlineJelajah

Warga 4 Desa di Sampung, Blokade Jalan, Larang Truk Tambang Melintas

Kesabaran warga 4 desa di kecamatan Sampung tampaknya sudah habis, menghadapi keberadaan ratusan truk penambang pasir dan batu yang melintas di wilayah mereka. 

Buktinya, warga di 4 desa tersebut ramai-ramai melakukan Blokade jalan, melarang truk tambang melintas, Rabu 8 fFebruari 2023. 4 desa itu adalah Sampung, Jenangan, Pohijo dan Nglurup. Kepala desa Sampung, Irianto mengatakan, blokade dilakukan di perbatasan Wonogiri Pohijo Sampung, perempatan desa Sampung dan juga Nglurup.

Truk tambang yang melebihi tonase tidak boleh masuk sebab dinilai merusak jalan. Warga baru saja menikmati jalan-jalan mulus yang baru saja diperbaiki oleh Pemkab, tapi sudah ada beberapa yang rusak lagi gara-gara dilewati puluhan truk tambang dengan muatan lebih.

Karenanya aksi blokade itu sebagai bentuk protes dari warga. Dalam unjuk rasa tersebut juga didatangi OPD terkait yakni dari Muspika, dinas PUPKP dan dinas perhubungan. 

Warga menuntut ada kesepakatan antara pemilik tambang dan Pemkab , salah satunya tidak melanggar tonase yang ditentukan.