Jelajah

Curah Hujan Tinggi, Pohon Mindi Tumbang di Semanding Kauman, dan Banjir di Brahu Siman

Sebuah pohon mindi di jalan raya Semanding Kauman roboh mengenai pagar rumah milik Suharno RT 03 RW 01 dukuh Gentong desa setempat Rabu pagi, 8 Februari 2023 sekitar pukul 06.30 WIB.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi kerugian ditaksir Rp 500 ribu. Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Ponorogo, Surono mengatakan, pohon tersebut ukurannya lumayan besar dengan diameter 60 cm dan tinggi 7 meter. 

Untungnya tidak mengenai pengguna jalan yang lalu lalang melainkan ambruk ke pekarangan dan menimpa pagar rumah. Diperkirakan pohon tersebut usianya sudah tua sehingga akarnya tak kuat lagi menahan beban pohon sementara struktur tanah labil akibat curah hujan yang deras dalam beberapa hari terakhir. Pihaknya lanjut Surono, langsung melakukan evakuasi terhadap pohon mindi tersebut. 

Hujan deras yang mengguyur Ponorogo kemarin juga membuat debit air di sejumlah aliran sungai, naik. Tak terkecuali di Brahu Siman, aliran sungai di wilayah tersebut meluap hingga ke rumah rumah warga. Bahkan ketinggian air yang menggenangi jalanan mencapai setengah meter.

Pihaknya kata Surono, sudah melakukan langkah penanganan dengan mengambil sampah yang ditengarai sebagai penyebab banjir. Sampah berupa kayu dan barongan bambu itu menyumbat jembatan sungai. Sekitar 5 truk sampah berhasil diangkut dari aliran anak sungai bengawan Solo tersebut.