HeadlineJelajah

Belum Jelas BPIH Tahun 2023, Kemenag Masih Menunggu Pengumuman Dari Pusat

Kantor kementerian agama Ponorogo – Kemenag hingga saat ini belum bisa menyampaikan besaran biaya perjalanan ibadah haji – BPIH tahun 2023. Pasalnya pemerintah masih membicarakan dengan DPR RI untuk akhirnya disetujui dan ditandatangani presiden. 

Kepala kantor kementerian agama Ponorogo Kemenag – M. Nurul Huda menjelaskan, hingga detik ini pihaknya juga masih menunggu pengumuman resminya. Tapi ada prediksi biayanya sesuai usulan yakni sekitar Rp 69,193 juta. 

Jumlah ini adalah 70% dari usulan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang mencapai Rp 98 juta lebih, sementara sisanya 30 persen diambilkan dari dana manfaat. Dijelaskan, BPIH tahun 2023 sebenarnya dikembalikan ke 10 tahun lalu sebab jika tidak, akan kasihan dengan jamaah haji berikutnya.

Apalagi dengan biaya sebesar itu, banyak fasilitas yang didapat jamaah haji dari soal makanan, penginapan hingga zonasi yang semakin memudahkan ibadah. Harapannya, jamaah haji yang akan berangkat tahun ini tak perlu gelisah, karena dalam beribadah haji ada 3 hal yang harus dimiliki yakni niat, sehat dan ragat.

Jika ibadah haji merupakan panggilan Allah, diyakini akan dimudahkan dan dilancarkan dalam segala urusan termasuk soal biaya.