Pegawai Jasa Marga Gadungan Tipu Dokter Muda Asal Ponorogo, Bawa Kabur Honda Brio

Seorang Dokter Muda berinisial DW warga Ponorogo menjadi korban penipuan orang yang baru dikenalnya melalui aplikasi Tinder. Perempuan berusia 28 tahun nyaris kehilangan sebuah mobil kesayangannya, Honda Brio warna kuning. Ceritanya korban berkenalan dengan laki laki berinisial SA  asal Banyuwangi yang mengaku bekerja sebagai Petugas Jasa Marga di Kabupaten Gresik.


Singkat cerita setelah keduanya berkenalan, kemudian bertemu di sebuah hotel di Jalan Gajah Mada Ponorogo pada 3 Januari 2023. Pelaku menelpon korban jika mobilnya rusak karena kecelakaan lalu lintas. Karena merasa kasihan, korban yang sehari hari bekerja disalah satu rumah sakit itu akhirnya meminjamkan mobilnya itu ke pacarnya tersebut. Tapi mobil tersebut tak kunjung dikembalikan hingga berbuntut laporan polisi. 

Kasat Reskrim Polres Ponorogo, AKP Nikolas Bagas Yudhi Kurnia  mengatakan setelah menerima laporan polisi langsung melakukan penyelidikan. Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan, pelaku ditangkap di kost tempat tinggal tersangka di Kabupaten Jember. Setelah dilakukan pengembangan ternyata tersangka telah melakukan tindak pidana tersebut diatas sudah berkali kali di berbagai wilayah di Jawa Timur dan tersangka merupakan residivis dengan kasus yang sama.

Sementara,  Pelaku SA mengatakan memang sengaja mencari mangsa melalui aplikasi kencan Tinder. Selain di Kabupaten Ponorogo, juga menipu warga Kabupaten Tulungagung dan Blitar. Menurutnya korbannya tidak hanya Dokter, karena kasus yang Tulungagung dan Blitar korbanya berprofesi Bidan dan PNS. Dari beberapa korban, rata-rata berstatus janda.

Sementara pelaku dikenai pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan ancaman hukuman 4 tahun penjara.