HeadlineJelajah

Harga Pertamax Sudah Turun, Antrian Pertalite di SPBU Ponorogo Tetap Panjang

Turunnya harga pertamax per 3 Januari 2023 lalu tidak serta merta membuat daya beli konsumen terhadap bahan bakar minyak tersebut meningkat, pantauan gema surya warga masih memilih jenis pertalite dimana hampir di setiap SPBU antrian untuk BBM bersubsidi itu selalu panjang, berbeda dengan layanan pertamax yang cenderung sepi. 

Kondisi tersebut dibenarkan salah satu pemilik SPBU di Ponorogo Agus mustofa latif dimana hingga sabtu (07/01) belum ada dampak penurunan harga ke kalangan konsumen, padahal penurunannya cukup signifikan dari Rp13.900 menjadi Rp12.800 atau 1000 rupiah per liter, tapi memang jika dibandingkan, selisih harga dengan pertalite masih cukup besar sehingga hal itu menjadi faktor warga tetap pilih yang termurah tanpa berpikir kualitas. 

Disinggung perubahan harga BBM yang selalu mendadak lanjut Agus, sebenarnya pihaknya melalui Hiswana Migas sudah berkirim surat ke pertamina, setidaknya pengusaha diberi surat edaran sehingga tidak selalu kelabakan menyikapi kebijakan tersebut. Diakui memang menjadi resiko bagi pengusaha untuk rugi jika kulakan harganya tinggi tapi tiba-tiba dalam perjalanannya harga berubah.