Jelajah

Evakuasi Sarang di Jalan Sekar Telon Tonatan, Sejumlah Petugas SAR MTA Disengat Tawon Ndas

Butuh perjuangan ekstra untuk melenyapkan sarang atau rumah tawon yang ada di atap rumah warga jalan Sekar Telon Tonatan Ponorogo Senin malam, 2 Januari 2023. Pasalnya sarang tersebut ukurannya sangat besar dan dihuni ribuan ekor tawon ndas/vespa. 

Rafiq, pimpinan SAR MTA mengungkapkan beberapa petugasnya ada yang terkena gigitan namun tidak parah. Cukup diolesi minyak kayu putih sudah membaik. Dijelaskan, jika evakuasi rumah tawon di wilayah tersebut atas permintaan warga setempat karena resah.

Selain tidak menghasilkan madu, tawon jenis Ndas dinilai berbahaya jika  yang menyengat dalam jumlah banyak.Karenanya setelah dilakukan survey pada sore hari, malam harinya langsung dilakukan tindakan. Pihaknya memilih malam lantaran lebih aman. Untuk mematikan serangga penyengat tersebut dibutuhkan 6 botol bensin. 

Bensin dinilai lebih efektif ketimbang penggunaan detergen. Lebih lanjut dikatakan aksi yang dilakukan SAR MTA murni sosial alias tidak dipungut biaya. Selain dimintai evakuasi sarang tawon, biasanya juga dimintai warga untuk melakukan penebangan pohon.