HeadlineJelajah

Serangan Chikungunya, 3 Dukuh di Nambangrejo Sukorejo dan 1 RT di Ronowijayan Difogging

7 KK di Rt 3 Rw 1 Dukuh Wotwangu Desa Nambangrejo Sukorejo diserang Penyakit Chikungunya. Akibatnya, lebih dari 10 warga harus rela bolak balik rawat jalan di Puskesmas Kecamatan lantaran tidak bisa berjalan. Agar tidak meluas, Selasa pagi 27 Desember 2022, satu dukuh dilakukan fogging, diteruskan ke dua dukuh yang berdekatan.

Hal itu dibenarkan oleh Hamim Wahyudi Kades setempat, jika sejak Sabtu kemarin memang ada warganya yang melapor tiba-tiba tidak bisa berjalan. Setelah didatangi tim kesehatan ternyata, warga lain yang mengalami sakit yang sama dan kebetulan rumahnya berdekatan dalam satu RT. Setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya terserang nyamuk chikungunya. 

Oleh karena itu, pihak desa langsung menyurati puskesmas meminta bantuan fogging dan direalisasi pada hari ini. Dijelaskan dari beberapa warga yang terserang, saat ini hanya 3 orang yang masih harus menjalani rawat jalan, sisanya sudah sembuh.

Namun untuk antisipasi, fogging menyebar ke dua dukuh lain yang berdekatan. Selain itu juga akan dilakukan kerja bakti serentak pada akhir pekan nanti. Masih kata Kades, kasus chikungunya baru tahun ini menyerang di desanya. Namun tahun sebelumnya sempat ada kasus demam berdarah.

Kasus yang sama juga terjadi di Kelurahan Ronowijayan, 1 KK di RT 3 RW 2 terkena serangan Chikungunya bahkan 2 orang harus masuk Rumah Sakit. Suprayitno, Lurah setempat mengatakan, jika pihaknya juga gerak cepat begitu ada laporan. Sehingga Selasa Pagi, 27/12, juga dilakukan pengasapan di RT tersebut. Langkah ini sebagai antisipasi agar tidak meluas.