Jelajah

Jelang Tahun Baru, Permintaan Entok ( Menthog ) Naik Drastis

Para peternak entok ( menthog ) di Kabupaten Ponorogo bisa tersenyum lebar. Pasalnya menjelang malam pergantian tahun hewan unggas ini kini mulai banyak diburu warga. Tak tanggung-tanggung, bila di hari biasa harga untuk entok muda sekitar Rp 50 ribu, entok tua Rp 60 ribu, serta Basong atau entok Jantan) Rp 90-100 ribu.

Kini naik menjadi Rp 60 ribu untuk entok muda, dan entok tua Rp 70 ribu, serta basong Rp 150 ribu hingga Rp 180 ribu. Ria Widyanti, 30 tahun peternak entok di Desa Nglurup Kecamatan Sampung mengatakan, sejak seminggu terakhir permintaan entok meningkat. Bila hari biasa hanya bisa menjual satu ekor saja per harinya, kini bisa 4 hingga 5 ekor per hari.

Peternak yang memiliki 50 ekor entok tersebut mengaku akibat tingginya permintaan jelang tahun baru, kini stok entok dan Basong miliknya yang siap jual telah habis. Saat ini tinggal indukan tapi masih bertelur. Sebelumnya ada 50 ekor ukuran kecil dan besar. Saat ini tinggal kecil usia 3 bulan 20 ekor.

Hal yang sama dikatakan Nuryasin, 52 tahun peternak entok di Desa Karanglo Kidul Kecamatan Jambon mengungkapkan, kebanyakan para konsumennya adalah anak-anak muda yang ingin menjadikan entok sebagai hidangan syukuran saat malam pergantian tahun.Tak hanya datang ke rumah, pelanggannya pun memesan lewat WA.

Nuryasin melanjutkan, ketimbang tahun lalu, permintaan entok tahun ini meningkat tajam. Bahkan dirinya kewalahan untuk memenuhinya. Tak hanya perorangan, pedagang juga mendatangi peternaknya untuk membeli mentok dan basong.

Kebanyakan konsumen mencari yang ternak rumahan pasalnya agak murah. Kalau di pasar bisa sampai Rp 200 ribu untuk Basong, entok Rp 100 ribu.