HeadlineJelajah

Dinsos dan Dukcapil Kerjasama Lakukan layanan Adminduk Door To Door Untuk Lansia dan Disabilitas

Dinas Sosial dan P3A bekerja sama dengan Dinas kependudukan Catatan Sipil Ponorogo (Dispendukcapil) lakukan jemput bola melayani warga yang belum melakukan perekaman E KTP. Perekaman E-KTP ini diprioritaskan untuk lanjut usia dan disabilitas. 

Supriyadi Kepala Dinas Sosial dan P3A mengatakan pihaknya rabu pagi bekerjasama dengan Dispendukcapil melakukan perekaman E KTP di Desa Pandak dan Karangpatihan Balong. Perekaman E KTP diprioritaskan untuk warga lansia dan disabilitas yang belum melakukan perekaman. Menurutnya dengan mereka lansia dan disabilitas sudah melakukan perekaman E KTP, kemungkinan besar untuk memperoleh bantuan sosial dari pemerintah akan terbuka lebar.

Pasalnya kata Supriyadi, dasar pemerintah memberikan bantuan sosial sekarang yakni administrasi kependudukan. Pihaknya berjanji lansia dan disabilitas yang melakukan perekaman E-KTP hari ini tahun 2023 diprioritaskan memperoleh bantuan dari pemerintah. Supriyadi berharap kepada masyarakat yang mengetahui disekitarnya ada lansia dan disabilitas yang belum melakukan perekaman E KTP segera melaporkan ke Kepala Desa, Lurah atau Camat. Tim gabungan dari Dinsos dan P3A dan Dispendukcapil akan melakukan perekaman E-KTP secepatnya paling lambat 1 x 24 jam untuk menyelesaikannya.

Sementara itu Herry Sutrisno Kepala Dispendukcapil mengatakan di Pandak tadi ada 17 warga lansia dan disabilitas melakukan perekaman di balai desa. Pihaknya pun juga mendatangi rumah warga secara door to door untuk melakukan perekaman E KTP yakni warga pandak 4 orang dan 2 orang Karangpatihan Balong. Herry berpesan masyarakat yang khusus lansia dan disabilitas yang belum ber E KTP dimohon untuk melakukan perekaman dengan melapor ke Kades atau Lurah setempat. Pihaknya akan penjemputan bila lansia dan disabilitas tersebut tidak beraktivitas. Karena adminduk cukup penting, pasalnya untuk mengakses bantuan pemerintah harus mempunyai adminduk.