Rumah Tertimbun Longsor di Dukuh Setumbal Desa Jurug Sooko, Paeran dan Keluarga Ngungsi

Nasib malang menimpa Paeran warga RT 03/RW 06 Dukuh Setumbal Desa Jurug Sooko Ponorogo. Lelaki 50 tahun tersebut harus mengungsi bersama 6 anggota keluarganya di rumah saudara lantaran rumahnya rata tertimbun tanah longsor. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.


Sukamto Kepala Desa Jurug kepada Gema Surya mengatakan, tidak ada barang berharga yang bisa diselamatkan dari longsor yang menimpa bangunan rumah warganya tersebut pada Jumat (18/11/22) dini hari, kecuali motor dan pakaian yang melekat dibadan. Sebenarnya beberapa hari sebelum kejadian, sudah ada tanda tanda tebing belakang rumah akan longsor, sehingga Paeran dan keluarga sudah mengungsi.

Bahkan sudah ada bantuan sembako dari Dinas Sosial untuk membantu meringankan beban warganya itu. Karena cuaca siang cerah, mereka kembali lagi ke rumahnya, kemudian malam harinya terdengar suara gemuruh sehingga mereka tak bisa tidur dan memilih untuk berada diluar rumah.

Benar saja, saat hujan deras sekitar jam satu dini hari, tiba-tiba tebing tersebut runtuh dan menimbun rumah mereka. Warganya tersebut selamat karena langsung berhamburan menyelamat diri. Pihaknya sudah melaporkan ke pihak terkait, Sabtu (19/11/22) pagi bersama warga sekitar melakukan pembersihan di lokasi. (rl/ab)