Harga Cabe Mulai Turun , Kacang Kacangan Naik

Ada kabar baik untuk pecinta makanan pedas . Ini setelah harga cabe terus mengalami penurunan dalam beberapa pekan terakhir .  Informasi yang disampaikan Munif , pedagang sayuran di pasar Sumoroto, untuk cabe rawit hanya 24 ribu rupiah per kg, lombok merah besar, 25 ribu rupiah, Tampar 30 ribu rupiah .  Harga tersebut  di prediksi akan terus turun bahkan bisa anjlok ke angka belasan ribu rupiah seiring panen raya disejumlah daerah penghasil tanaman pedas tersebut .


Yang paling pusing , lanjut Munif justru pedagang karena jika lombok murah daya beli turun . Konsumen bisa membeli banyak namun tidak sering karena stock di rumah masih tersedia . Berbeda dengan jika harga lombok mahal, setiap hari bisa datang ke pasar , lantaran beli nya sedikit dan  akan cepat  habis hari itu juga .

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, memang musim penghujan harga cabe cenderung akan turun . Lebih lanjut dikatakan jika cabe harganya mulai anjlok , namun tomat merangkak naik dari 3000 rupiah per kg bisa tembus 7 ribu rupiah per kgnya .  Selain itu sayuran kacang kacangan juga mengalami kenaikan luar biasa, seperti kacang panjang  10 ribu dan   buncis 15 ribu .  Adapun pare dan gambas sudah mencapai 9000 rupiah per kg nya.