HeadlineJelajah

Pengungsi Gunung Banyon Talun Ngebel Mulai Stress , Mengeluh Tak Bisa Tidur

Puluhan pengungsi yang ada di SDN 1 talun dan polindes , diperiksa kesehatannya oleh petugas puskesmas Ngebel Kamis 27 Oktober 2022 .  Rata rata mereka mengeluh batuk pilek ,pusing  dan tidak bisa tidur selama beberapa hari tinggal di pengungsian .  Hal tersebut  disampaikan dr Lita , kepala puskesmas Ngebel  , dimana para pengungsi mulai dilanda stress .

Hanya saja kondisi itu lumrah sehingga yang dibutuhkan hanya motivasi agar tetap semangat dan bersabar .Untuk mereka yang batuk pilek sudah diberikan obat obat obatan dan vitamin . Dijelaskan ada 21 pengungsi yang diperiksa kesehatan , terdiri dari balita , orang tua dan juga lansia . Ada juga yang sudah memiliki penyakit kronis yakni diabetes, jantung, stroke dan hipertensi . Untuk sementara kondisi mereka stabil sehingga tidak dibutuhkan perawatan khusus .

Pihaknya mensiagakan 5  petugas kesehatan di posko yang setiap hari siap memantau kesehatan para pengungsi sampai dinyatakan bisa pulang kembali kerumah .  Sejauh ini bantuan terus mengalir dan untuk pemenuhan kebutuhan makanan sudah ada dapur umum .

Asal tahu saja ada sekitar  94 KK dari 5 RT di desa Talun yang ngungsi pasca gunung Banyon  longsor . Sebelumnya mereka ngungsi di rumah kepala desa, SDN 1 talun dan mushola . Kemudian dipindah ke SD talun dan Polindes . Pada siang hari jumlah pengungsi berkurang karena kembali bekerja ngurusi ternak dirumah masing masing, kemudian jelang sore hari kembali ke lokasi pengungsian .