HUT IDI ke 72 di Ponorogo, Gelar Aksi Donor Darah Massal, Siap Pecahkan Rekor MURI

Peringatan hari ulang tahun -HUT Ikatan Dokter Indonesia – IDI di Ponorogo , terasa sangat istimewa. Di HUT ke 72 tersebut, digelar bakti sosial berupa donor darah dokter secara serentak se Indonesia. Dr. Aris Cahyono, ketua IDI cabang Ponorogo mengatakan kegiatan tersebut selain dalam upaya membantu ketersediaan darah juga dalam rangka memecahkan rekor MURI ( Museum Rekor Indonesia ).


Sehingga bukan hanya kabupaten Ponorogo saja yang menggelar tapi semua dokter di Indonesia mengikuti kegiatan yang sama. Di kota reog, acara diikuti semua anggota IDI dan mengajak semua komponen masyarakat bertempat di lantai 1 gedung terpadu Selasa 25 Oktober 2022 dari jam 08.00 hingga jam 12.00 WIB. Belum sampai acara ditutup, sudah dibanjiri peserta, dimana target 30 orang, langsung terpenuhi.

Diakui ada beberapa peserta donor darah sempat ditolak karena tidak memenuhi syarat, seperti tensi terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah. Pihaknya berharap kegiatan donor darah tersebut bisa membantu dalam pemenuhan akan stok darah di PMI. Sehingga bagi yang membutuhkan tidak perlu mencari kemana-mana. Hal tersebut sesuai dengan tema HUT IDI tahun ini yakni ”Berbakti untuk negeri, mengabdi untuk rakyat, satu IDI terus maju.”

Sementara kegiatan donor darah dokter secara serentak se-Indonesia tersebut juga didukung oleh Dinas kesehatan Ponorogo. Dyah Ayu Puspitaning Arti, kepala Dinkes mengatakan, selain donor darah pihaknya juga minta para dokter mengkampanyekan pencegahan stunting pada balita. Sosok mereka dinilai sangat tepat dalam memberikan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat. Mereka diajak terjun langsung ke warga yang di dalamnya ada anggota keluarga berpotensi mengalami stunting.