HeadlineJelajah

Tak Memiliki Sarana Memadai, 77 SD Ikut ANBK Nebeng Kesekolah Lain

77 lembaga sekolah tingkat SD baik negeri dan swasta harus nebeng kesekolah lain dalam pelaksanaan sesment nasional berbasis komputer ( ANBK) .  Pasalnya sekolah tersebut  tidak memiliki sarana dan prasarana lengkap .

Edi Supriyanto kabid pembinaan SD Dinas Pendidikan mengatakan  dari  579 SD baik negeri dan swasta di Ponorogo , hanya 500 SD melaksanakan ANBK  mandiri karena mempunyai sarana prasarana yang mendukung misalnya komputer, chrome book maupun laptop . Sementara 2 SD tidak ikut ANBK karena jumlah  siswa kelas 5 nya tidak ada .

Edi mengungkapkan  pelaksanaan ANBK  hanya untuk kelas 5 SD dimana   setiap  setiap sekolah menunjuk  10 siswa . Adapun pelaksanaannya  pada tanggal 24 hingga 27 Oktober 2022  dengan materi literasi dan numerasi  .  Dijelaskan , ANBK bukan hanya untuk siswa saja namun juga untuk guru .

ANBK sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah . Masih kata edi Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran .