HeadlineJelajah

Hujan Deras , Tanah Longsor Di Jalan Lingkar Telaga Ngebel, Akses Jalan Sempat Ditutup Untuk Kendaraan

Hujan deras yang mengguyur wilayah Ngebel  sejak kamis pagi hingga sore hari menyebabkan tanah longsor di jalan lingkar telaga ngebel tepatnya di dukuh kemambang desa Wagir Lor . Longsoran tanah menutup hampir seluruh badan jalan sehingga jalur lingkar Ngebel sempat di tutup untuk kendaraan roda dua maupun empat .  Jumat pagi , sekitar jam 8 , muspika setempat, didampingi relawan , warga sekitar, BPBD maupun dinas PU turun ke lokasi untuk melakukan kerja bakti pembersihan material longsoran .

Dwi cahyanto , Camat ngebel mengatakan jam 11 siang , akhirnya longsoran material berupa tanah  bisa disingkirkan secara manual . Agar jalan tidak licin, BPBD ponorogo membawa mobil tangki berisi air untuk menyemprot lumpur hingga bersih .

Dijelaskan , penyebab longsor sendiri karena curah hujan tinggi yang menyebabkan tanah labil . Tidak ada korban jiwa maupun material dalam peristiwa itu . Pasca dibersihkan, jalan sudah bisa dilewati kembali sehingga tidak berdampak pada wisatawan yang hendak berkunjung ke telaga Ngebel saat weekend .

Sementara Gatot Susanto, kasi kedaruratan dan logistik BPBD Ponorogo membenarkan jika curah hujan tinggi menjadi salah satu penyebab tanah longsor di jalan lingkar telaga ngebel tepatnya di kemambang timur pasar atau 800 meter dari pintu masuk telaga .

Hanya saja jika dicermati sebenarnya beberapa hari sebelum tanah longsor dilokasi tersebut , ada tiang listrik yang sempat doyong . Itu membuktikan sudah ada  tanda tanda pergerakan  tanah di wilayah itu . Setelah dilakukan pembersihan material tanah didapat volume  kurang lebih 3 kubik truck .