Jelajah

Harga Melon Tembus Rp 6500 per Kilogram nya, Petani di Maguwan Sambit Untung

Para petani melon di desa Maguwan Sambit lagi bungah menyusul tingginya harga melon pada panen raya kali ini. Harga Rp 6000 hingga Rp 6500 per kg, seakan mengobati keterpurukan para petani karena gagal panen awal tahun ini.

Seperti disampaikan Sarji, salah satu petani, petani sempat trauma karena tanaman melon saat itu diserang penyakit keriting daun sehingga buah tak bisa dipanen. Karenanya akhirnya petani melon banyak beralih ke tanaman lain seperti padi dan jagung. 

Hanya 10 persen saja yang berani tanam dan akhirnya bisa memetik hasilnya pada panen kali ini. Biasanya lanjut Sarji, harga melon hanya Rp 5000 tapi kini bisa diatas Rp 6000 rupiah per kgnya. Kenaikan harga buah melon karena hanya Ponorogo yang panen raya.

Selama ini panen nya ditunggu luar daerah seperti Jakarta. Melon dari Ponorogo diburu karena manis sehingga harganya paling tinggi dibanding daerah lainnya. Kendati begitu, petani juga khawatir dengan musim sekarang, karena masih ada buah yang belum masak untuk dipanen.

Wilayahnya termasuk daerah rawan banjir dimana jika memasuki musim penghujan, lahannya sering terendam banjir. Jika sudah kena banjir, tanaman yang belum waktunya panen bisa membusuk.