Didominasi Wisatawan Lokal Ngebel, Obyek Wisata Ngambang Tirto Kencono Ramai Meski HTM Ngebel Naik

Kenaikan harga tiket masuk – HTM Telaga Ngebel, tidak terlalu berdampak bagi penurunan jumlah wisatawan Ngambang Tirto Kencono Desa Gondowido. Wisata yang menawarkan indahnya pemandangan alam khas pedesaan dan segarnya hutan Pinus tersebut, tetap ramai pengunjung khususnya pada hari sabtu minggu atau weekend.


Baskara Widha Mandala, kepala Desa Gondowido mengatakan walaupun berdampak jumlahnya tak signifikan sekitar 20 persen saja penurunannya. Alasannya, selain wisata yang dikelola Bumdes itu baru berjalan 4 bulan, juga wisatawan yang datang kebanyakan dari wilayah Ngebel sendiri. Sehingga mereka tak perlu melalui pintu masuk Telaga Ngebel.

Disamping itu, jika wisatawan dari luar Ngebel rata rata berkunjung sore hari untuk nge camp disaat portal pintu Telaga Ngebel sudah tidak ada petugas. Namun begitu, diakui selaku pengusaha pariwisata pihaknya ikut merasakan dampak kenaikan HTM yang menurutnya fantastis. Usahanya di bidang perhotelan juga kena imbas dari menurunnya jumlah pengunjung di Telaga Ngebel, termasuk usaha pariwisata disana. Sebenarnya sudah ada usulan dari kelompok pengusaha agar kenaikan HTM itu ditinjau ulang, tapi belum mendapat respon.