Viral Pohon Pisang Unik Jenis Rojo Sewu di Desa Jambon Ponorogo, Jadi Tontonan Warga

Viral, pohon pisang unik di Dukuh Krajan, Desa Jambon, Ponorogo. Pohon pisang jenis Rojo Sewu tersebut berbuah cukup banyak, hingga memiliki tandan sepanjang 2 meter lebih. Karena jarang terjadi, pohon pisang yang ditanam Wasis, warga setempat itu, menjadi tontonan warga. Warga yang datang karena penasaran juga mengabadikan melalui kamera handphone nya masing-masing.


Kepada gema surya, Wasis menceritakan bibit pisang tersebut dia tanam sejak tahun 2019. Dia beli bibit di jalan Gatotkaca Ponorogo, dimana menurut sang penjual bibit pisang Rojo Sewu. Rasa penasaran terjawab sudah, ternyata seperti itu bentuknya, tandannya panjang dan buahnya banyak kecil-kecil.

Dijelaskan untuk harga bibit saat ini harga nya Rp 35 ribu. Awalnya hanya ada satu bibit kecil. Setelah 3 tahun berlalu, bibit pisang itu berkembang semakin banyak. Banyak juga orang yang ingin mencoba buah pisang tersebut. Dia pun memberikan secara gratis. Katanya banyak yang suka karena rasanya manis seperti pisang pada umumnya.

Matangnya dari atas terus ke bawah, tidak bisa bersamaan. Untuk keamanan karena buah dalam satu tandan ratusan jumlahnya sedangkan batang pohon pisang tidak terlalu besar, dirinya menyangga nya dengan bambu. Sebenarnya ada 4 batang pohon pisang jenis yang sama dan tahun 2020 lalu juga ada yang berbuah sama dengan tandan hingga menjuntai sampai tanah. Tapi karena pandemi covid 19, meski unik tapi belum mendapat perhatian dari warga. Dirinya memang suka koleksi tanaman unik. Selain pisang Rojo Sewu dirinya pernah menanam pohon kedondong mini.