Dalang Cilik Muhammad Fatih Assegaf, Juara 3 Festival Dalang Anak Nasional 2022

Muhammad Fatikh Assegaf kembali membuat bangga SMP Negeri 1 Ponorogo, pelajar kelas 9 itu berhasil  mendapatkan juara 3 dalam festival dalang anak Nasional 2022 di Kota Tua Taman Fatahillah Jakarta yang digelar mulai 22 hingga 24 September lalu. Kepada gema surya, dalang cilik yang akrab dipanggil Fatih ini mengaku bangga dan bersyukur, meski penghargaan tersebut sebenarnya bukan  kali pertama, di rumahnya sudah tak bisa dihitung, deretan piala maupun penghargaan karena prestasinya di dunia pewayangan tersebut.


Hanya saja dalam festival dalang anak nasional tersebut banyak pengalaman yang diperoleh. Menurut fatih, dalam festival tersebut dia sangat enjoy dan merasa sedang bertamasya mengingat lokasi festival ada di depan museum wayang yang notabene sangat dikagumi nya, Kedua, dirinya bertemu dengan seluruh dalang cilik di Indonesia. Dijelaskan, dirinya tidak sendiri melainkan didukung tim karawitan SMPN 1 Ponorogo dan mengambil cerita cupu manik astagina. Dalam festival itu, saat tampil sempat grogi mengingat dapat nomor urut 32 atau yang paling terakhir, saingan terberatnya adalah dari Jawa tengah. 

Menurut Fatih, mendalang sudah menjadi bagian dari hidupnya sejak usia 3 tahun, berawal dari hobinya menonton wayang hingga membaca buku kini dirinya mulai mengembangkan bakatnya secara profesional. Salah satunya giat berlatih melalui extrakulikuler yang ada di sekolahnya, Support yang sangat luar biasa juga didapat dari keluarga, dimana buyutnya dulu juga seorang dalang. Selain keluarga bahkan SMPN 1, tempatnya menimba ilmu saat ini juga memberikan wadah yang sangat luar biasa baginya.

Sementara itu, Drs H.Imam Mujahid, MA Kepala Sekolah SMPN 1 Ponorogo, juga mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi  anak didiknya tersebut, bukan rahasia lagi jika Fatih jago mendalang  karena  sudah sering tampil di berbagai kesempatan dan selalu pulang dengan penghargaan, karenanya pihak sekolah selalu memotivasi dan memberikan ruang untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Dalang yang profesional. Salah satunya menyiapkan wadah khusus dalam ekstrakurikuler mendalang dan karawitan, dalam festival dalang anak Nasional kemarin, pihaknya juga mengirimkan 30 pelajar yang tergabung dalam tim karawitan.

Ungkapan syukur juga disampaikan Sindu Parwoto, ketua PEPADI Ponorogo, pihaknya bangga, Muhammad Fatih Assegaf kembali mengharumkan nama Ponorogo di kancah Nasional. sebelum mewakili Ponorogo di tingkat Nasional Fatih terlebih dulu masuk dalam 5 besar festival dalang anak tingkat Provinsi Jawa timur.