Ultah ke 77 PMI Ponorogo Gelar Berbagai Kegiatan Sosial

Peringatan hari ulang tahun Palang Merah Indonesia – PMI ke 77  di Kabupaten Ponorogo, diwarnai dengan banyak kegiatan. Selain dilakukan donor darah massal di beberapa lokasi, juga ada bakti sosial berupa pemberian paket sembako untuk lingkungan sekitar serta pemberian penghargaan kepada  donor darah sukarela dan kelompok penggerak pendonor, dan masih banyak lagi.


Luhur Karsanto, ketua pengurus kabupaten PMI Ponorogo mengatakan, hari ulang tahun PMI jatuh pada 17 September 2022 dengan tema “Terus tebar kebaikan”. Adapun cara puncaknya dilakukan di pendopo kabupaten Rabu 23 September 2022 dihadiri langsung bupati Sugiri Sancoko dan wakil bupati Lisdyarita. 

Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan penghargaan kepada pendonor darah sukarela, yakni 24 orang untuk 50 kali donor darah, 3 orang yang minimal telah melakukan 75 kali donor darah dan juga 3 orang yang melakukan lebih dari 100 kali.

Sebenarnya ada 14 orang di Ponorogo yang sudah melakukan lebih dari 100 kali donor darah, dimana nantinya akan dikirim ke presiden Jokowi untuk mendapat penghargaan. Tapi karena kuota terbatas, tahun ini yang diajukan 3 orang saja.

Jajaran PMI Ponorogo berfoto bersama di Pendopo Kabupaten saat peringatan hari ulang tahun PMI ke 77.

Sesuai dengan tema hari ulang tahun PMI ke 77, terus tebar kebaikan, lanjut Luhur Karsanto tidak hanya fokus pada kegiatan donor darah. Sebab PMI memiliki tujuan membantu meringankan penderitaan sesama manusia akibat bencana, baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia, tanpa membedakan latar belakang korban yang ditolong.

Karena ada layanan ambulan jenazah, ambulan untuk mengantar orang sakit secara gratis. Selain itu PMI Ponorogo juga mendidik generasi muda melalui Palang Merah Pelajar – PMR. (rl)