Jelajah

Luar Biasa, 14 Seniman Reog Ponorogo Bakal Tampil di 4 Negara Eropa

Reog Ponorogo bakal semakin dikenal dunia. Sebanyak 14 seniman asal Ponorogo akan unjuk kebolehan menarikan kesenian reog di beberapa negara di benua Eropa selama 17 hari.

Sebanyak 14 seniman yang merupakan perwakilan dari sejumlah sanggar tari yang ada di Ponorogo, akan melakukan misi kebudayaan ke negara Belanda, Belgia, Jerman, dan Prancis. Rabu, 7 September 2022, mereka diberangkatkan oleh bupati Sugiri Sancoko. 

Alex, salah satu seniman yang  ikut tour mengaku disana selain tampil juga akan digelar workshop. Dalam lawatannya ke benua biru itu, tidak didampingi oleh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo. 

Apa yang dilakukan seniman untuk unjuk gigi di Eropa ini merupakan murni pekerjaan seni. Sehingga Pemkab tidak terlibat secara langsung. Para seniman yang berangkat ke Eropa ini, bukan seniman sembarangan karena memiliki keahlian lebih dibandingkan seniman reog kebanyakan dan untuk pemerataan satu sanggar mengirimkan satu perwakilan saja.

Mereka yang dipilih ini, mampu menarikan berbagai tokoh kesenian reog sekaligus memainkan alat musiknya. Selain membawa misi kesenian supaya lebih dikenal di Eropa,  pihaknya juga akan memamerkan beragam produk asli Ponorogo. Mulai dari berbagai kerajinan hingga batik khas Ponorogo.