Jelajah

Penggunaan Kendaraan Listrik Diprediksi Meningkat Karena BBM Mahal, PLN Siap Dengan Infrastruktur Pendukung

Kenaikan harga BBM diprediksi akan turut mendorong masyarakat untuk segera beralih ke kendaraan listrik. Terlebih pemerintah akan membatasi pembelian BBM Pertalite dan Solar Subsidi.

Menanggapi itu Joko Prasetyo, manager unit layanan pelanggan – ULP Ponorogo kota, mengaku siap dengan infrastruktur pendukung jika pemakaian kendaraan listrik meningkat. 

Salah satu yang dipersiapkan adalah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum – SPKLU. Selama ini pihaknya hanya mendirikan di depan kantor PLN saja, itupun khusus kendaraan roda empat. 

Tapi untuk kendaraan roda dua, bisa dilakukan pengecasan listrik di rumah masing-masing. Satu unit SPKLU saja selama ini, jarang digunakan karena mobil listrik masih belum familiar di kota reog.Tapi kalau di internal PLN sudah banyak yang menggunakan kendaraan listrik.

Karenanya, diprediksi masyarakat nantinya mulai beralih ke kendaraan listrik jika memang harga BBM tak lagi terjangkau atau bahkan langka . Banyak kelebihan jika menggunakan kendaraan listrik, yakni tidak berisik, lebih hemat dan tidak menimbulkan asap sehingga meminimalkan polusi udara.